TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG KE WEB KAMI

Minggu, 29 Mei 2011

Bengcu Menggugat Tuan NANTI dan nona MENANTI - 7 Langkah Pecinta Ulung

 

 Bengcu Menggugat Tuan NANTI dan nona MENANTI - 7 Langkah Pecinta Ulung


Ketika diberi mandat memprovokasi para tuan NANTI dan nona MENANTI (Mr. & Miss So Mben), saya selalu memperkenalkan TUJUH langkah pecinta ulung. Inilah ketujuh langkah itu.
Langkah pertama: Bermimpi itu gratis

Bermimpilah tentang kekasih impianmu, bermimpilah sedetil mungkin lalu tuliskanlah pada sehelai kertas. Berilah judul:  Kekasihku seorang yang:  bla bla bla …
Setelah menuliskannya, banyak orang yang merasa bingung sendiri karena kekasih impian mereka nggak karu-karuan baik rupanya maupun karakternya. Istilahnya tidak konsisten. Contohnya: Dia seorang eksekutif di sebuah perusahaan besar namun punya banyak waktu untuk menemani saya makan siang lalu jalan-jalan di mall setelahnya. Dia seorang yang macho dan kuat kepribadiannya namun selalu menuruti keinginan saya.
Tuan NANTI dan nona MENANTI, anda harus bermimpi dengan cara yang benar karena yang sedang anda impikan adalah kekasih anda. Dia harus seorang manusia, bukan sebuah KONSEP juga bukan ROBOT apalagi tokoh sinetron Indonesia.
Langkah kedua: Bermimpi saja kok report
Bermimpilahlah  tentang kekasih anda. Bermimpilahlah bagaimana kalian berdua menikmati waktu-waktu yang indah. Bermimpilahlah bagaimana kalian berdua melewati waktu-waktu yang sulit. Ketika kelimpahan dan ketika kesusahan. Ketika dia sehat dan ketika dia sakit. Ketika anda sehat dan ketika anda sakit. Ketika dia menyenangkan dan ketika dia menyebalkan. Ketika anda menyenangkan dan ketika anda menyebalkan.
Bagaimana impian anda? Apakah semuanya berjalan wajar atau nggak karu-karuan seperti sinetron Indonesia? Apakah kalian adalah pasangan yang serasi atau anda baru tahu ternyata dia benar-benar menyebalkan?
Dia kaya, ganteng, sukses dalam pekerjaan namun jarang sekali ada di rumah bersama anda. Ketika tampil bersama-sama, anda minder setengah mati karena hampir semua pasang mata seolah berkata, "Kasihan sekali lelaki itu. Ganteng-ganteng kok CUMAN dapat yang begituan ya?"
Mereka memandang cemburu akan keberuntungan anda. Tuan NANTI dan nona MENANTI, mereka MENYANGKA anda menjadi kekasihnya karena BERUNTUNG bukan karena bukan karena LAYAK menjadi kekasihnya.
Walau nampak sepele namun kedua hal itu sering terjadi dan benar-benar menyebalkan.

Langkah ketiga: Impian sang impian
Tanyakanlah kepada kekasih impian anda, kekasih seperti apakah yang diimpikannya? Mintalah agar kekasih impian anda berlaku jujur. Biarkan dia menceritakan sedetil mungkin tentang kekasih impiannya. Tuliskanlah apa yang diceritakannya.
Tuan NANTI dan nona MENANTI, semua orang bermimpi tentang kekasih impiannya namun jarang sekali yang JUGA bermimpi tentang kekasih impian kekasih impiannya. Itu sebabnya mereka tidak tahu bahwa dirinya BUKAN kekasih impian dari kekasih impiannya sebab kekasih impian dari kekasih impiannya adalah orang lain. Untuk apa anda memimpikannya bila dia memimpikan orang lain? Bila dalam impian saja anda kalah mustahil menang dalam dunia nyata!
Langkah keempat: Aku di mataku dan aku di matanya
Tuan NANTI dan nona MENANTI, bila handai taulan bilang anda orang menyebalkan di dunia, maka percayalah bahwa anda akan menjadi orang paling menyebalkan di seluruh alam semesta bagi kekasih anda. Bukankah itulah alasan ketika ditanya mereka menjawab? "Dia harus bisa memahami dan menerima saya apa adanya." Kenapa dia harus bisa memahami dan menerima saya apa adanya? Karena saya sendiri tidak memahami dan tidak bisa menerima diri apa adanya. Ha ha ha ha …
Anda harus kenal diri anda apa adanya. Anda juga harus kenal diri anda apa adanya di mata handai taulan. Anda kenal diri anda? Apa yang anda benci dari diri anda? Apa yang anda sukai dari diri anda? Yang anda sukai dari diri anda belum tentu disukai orang lain namun yang anda benci dari diri anda, pasti dibenci handai taulan. Yang dibenci handai taulan pasti membuat kekasih anda muak.
Tuliskanlah. Ceritakan diri anda yang anda kenal. Tuliskan semuanya, Penampilan anda, sifat anda, prilaku anda. Tuliskan semuanya sedetil mungkin. Kenapa anda menyukai dan kenapa anda tidak menyukai? Kenapa tidak berdaya mengubah yang tidak anda sukai dari diri anda? Kenapa anda membenci hal yang anda benci dari diri anda?
Takut orang lain berkata jujur tentang anda? Itu sebabnya ketika handai taulan bercerita tentang diri anda, anda menyangkalnya, bukan karena itu bukan diri anda namun karena anda benci diri anda yang demikian? Tuan NANTI dan nona MENANTI, bersyukurlah kala ada orang yang bercerita tentang diri anda kepada anda. Pandangannya tidak obyektif? Anda salah! Pandangannya dijamin benar-benar obyektif. Anda obyeknya dan dia subyeknya. Apa pun yang dikatakannya, itulah anda yang dikenalnya.  Itulah anda di matanya. Bila anda tahu bahwa anda tidak seperti yang dia ceritakan, itu bukan berarti anda yang dia ceritakan bukan diri anda. Itu hanya berarti anda di mata anda berbeda dengan anda di mata dia. Bila anda tidak mau menjadi anda di mata dia, maka anda harus berubah. 
Bila anda di mata anda tidak seperti anda di mata dia, pertanyaannya adalah siapa yang salah lihat? Pertanyaannya adalah siapa yang tampil salah? Bila dia bilang itu bangku sementara anda melihatnya sebagai meja. Jangan membantah. Lebih baik bertanya kepadanya, kenapa dia menyebut itu bangku dan yang seperti apa baru disebut meja? Ketika dia bilang itu anda, tidak ada gunanya menyangkal bahwa itu bukan anda, sebab itulah anda di matanya. Bila tidak suka dengan anda di matanya, ubahlah diri anda di matanya, mustahil menyuruh dia mengkhayal tentang anda yang tidak dilihatnya.
Setelah yakin dengan kualitas diri, anda juga harus menjualnya dengan benar. Itu sebabnya anda harus belajar How to sale one's self! Bagaimana cara menjual diri! Bila anda di matanya tidak seperti anda yang anda jual kepadanya, mungkin itu terjadi karena anda belum menjual diri dengan baik.
Tuan NANTI dan nona MENANTI, aku di mataku sama pentingnya dengan aku di matanya. Aku di mataku harus sama dengan aku di matanya. Dengan demikian aku tahu, semua yang kusuka dari diriku belum tentu disukainya, namun semua yang tak kusuka dari diriku pasti tidak disukainya juga. Aku biasanya adalah orang terakhir yang mengenal diriku. Banyak yang menyangka hal itu terjadi karena aku menyangka, aku adalah aku, mustahil tidak mengenal diriku, bukankah setiap waktu aku hidup dengannya? Bukan, bukan itu sebabnya.
Aku adalah orang terakhir yang mengenal diriku karena aku takut bila mengenalnya, aku akan membencinya. Aku membencinya itu sebabnya tak ingin mengenalnya dan pura-pura tidak mengenalnya.

Langkah kelima: Sibugil pasti telanjang
Tuan NANTI dan nona MENANTI, empat langkah sudah berlalu. Anda sudah punya kekasih impian. Anda sudah merasakan impian menjalani hidup dengannya. Anda juga sudah punya impian tentang kekasih impian kekasih impian anda. Apakah kekasih impian anda adalah seorang manusia TULEN atau hanya SEBUAH manusia KONSEP? Apakah semua kehebatannya sepadan dengan harga yang harus dibayar? Apakah semua yang anda inginkan sepadan dengan yang harus anda bayar? Apakah kekasih impian kekasih impian anda mirip anda? Apakah karakter, sifat dan prilakunya mirip anda? Apakah diri anda adalah kekasih impian yang diimpikan oleh kekasih impian anda?
Apakah kehidupan yang kalian jalani di dalam impian bisa dijalani dalam kehidupan nyata atau hanya bisa dijalani di dalam sinetron-sinetron Indonesia yang ngaco nggak karu-karuan? Apakah semuanya berjalan dengan baik? Anda bahagia? Dia bahagia? Kalian bahagia? Bila tidak bahagia dalam impian, MUSTAHIL bahagai di dunia nyata. Apabila dalam impian anda kalah, mustahil menang dalam dunia nyata.
Tuan NANTI dan nona MENANTI, anda tidak bisa lari lagi sebab setelah empat langkah anda benar-benar sibugil. Sibugil pasti telanjang. Maka telanjanglah! Bukankah semua manusia memulai hidupnya dalam telanjang? Masalahnya bukan berani atau tidak berani telanjang namun beranikah menatap diri sendiri dalam telanjang dan mengenalinya dalam telanjang?
Tuan NANTI dan nona MENANTI, silahkan membayangkan diri anda sendiri. Ha ha ha ha ha ha …. Itulah FAKTANYA. Banyak orang yang kesulitan ketika hendak membayangkan dirinya sendiri, banyak pula yang bahkan tidak bisa membayangkan dirinya sendiri. Hal itu terjadi karena mereka tidak kenal dan bergaul dengan dirinya sendiri. Anda yang mengaku mampu membayangkan diri sendiri, izinkan saya bertanya, yang anda bayangkan adalah diri anda atau  salah satu foto anda? Foto anda bukan diri anda. Membayangkan foto anda, bukan membayangkan diri sendiri. Anda yang mengaku mampu membayangkan diri sendiri, izinkan saya bertanya, yang anda bayangkan adalah diri anda ketika tidak telanjang bukan? Yang anda bayangkan adalah diri anda dalam salah satu penampilan terbaiknya bukan? Kenapa tidak membayangkan diri sendiri dalam telanjang? Bukankah diri yang telanjang adalah diri sejati?
Kita sering telanjang namun tidak memandangnya. Itu sebabnya sulit mengingatnya. Kita bertemu diri sendiri namun tidak menggaulinya. Itu sebabnya tidak mengenalnya. Kita menyebutnya aku namun tak tak tahu siapa dia. Kita ingin orang lain mencintainya namun tidak mencintainya apa adanya. Ah ….. Aku yang aku kenal selama ini ternyata bukan aku sebab aku tidak kenal aku sama sekali. Mengenaskan.
Si bugil pasti telanjang.  Karena dia telanjang maka anda mengenalnya apa adanya. Karena mengenalnya apa adanya, maka anda menyayanginya apa adanya. Karena telah menyayanginya apa adanya, maka anda tidak akan cemburu ketika orang lain menyayanginya apa adanya.
Orang egois adalah orang yang cemburu ketika orang lain menyayanginya apa adanya. Itu sebabnya mereka lalu menetapkan cara-cara menyebalkan bagi orang lain untuk menyayanginya.
Langkah keenam: Dia layak dan dia tidak pantas
Bila anda adalah tuan NANTI, carilah dua orang lelaki. Bila anda  nona MENANTI, carilah dua orang wanita. Keduanya harus sukses dalam masalah cinta dan rumah tangga. Anda menghormati yang satu, namakan dia "Yang Terhormat". Namun, anda membenci yang lainnya, maka namakan dia "Kutu Kupret". Dua orang. Yang satu anda hormati sementara yang lainnya anda benci namun keduanya sama-sama sukses dalam masalah cinta dan rumah tangga.
Buatlah daftar tentang kekuarangan yang terhormat dan berilah alasan kenapa anda TETAP menghormatinya walaupun tahu semua kekurangannya dan tahu semua hal dalam dirinya yang anda benci. 
Buatlah daftar tentang kelebihan si kutu kupret dan berilah alasan, kenapa anda membencinya walaupun tahu semua kelebihannya dan tahu semua hal dalam dirinya yang anda sukai.
Sekarang, cocokanlah kedua daftar tersebut. Bandingkan yang terhormat dengan si kutu kupret. Anda harus melakukannya sendiri karena saya tidak memberitahu anda apa yang AKAN anda temukan. Setelah anda menemukannya baru kita ngobrol lagi.
Langkah ketujuh: Pasrah bukan menyerah
Tuan NANTI dan nona MENANTI, apabila pendek mustahil menjadi tinggi namun anda bisa membangun kesan lebih tinggi. Apabila jelek mustahil menjadi ganteng atau cantik, namun anda bisa membangun kesan tidak nampak terlalu jelek.
Apabila kurus, anda bisa mencari cara untuk menambah berat badan. Apabila gemuk anda bisa mencari cara untuk mengurangi berat badan.
Ada yang bisa diubah, ada yang tidak bisa anda ubah. Model rambut, berat badan, model pakaian, sepatu, wangi tubuh, gaya bicara, cara tersenyum, cara memandang, sifat, karakter, prilaku, pengetahuan, kepedulian sosial dapat anda ubah. Ubahlah yang bisa anda ubah dan lakukanlah segera. Jangan takut apa kata orang. Jangan hidup dengan slogan-selogan kosong.

Inner beauty, kecantikan batiniah adalah istilah yang digunakan oleh wanita jelek untuk menghibur diri sendiri dan wanita cantik untuk pura-pura rendah hati. Ketika laki-laki berbicara tentang inner beauty, dia sedang membual untuk mencari pujian dari para wanita jelek.
Bagi wanita berlaku hukum tak ada rotan akar pun jadi. Itu sebabnya mustahil mereka pilih akar bila ada rotan. Cinta memang buta namun orang buta tahu pasti mana mercy dan mana yang bajay.
Apabila menyatakan PUAS dengan keadaan diri anda sekarang maka ujilah bahwa anda merasa puas karena diri anda memang baik, bukan karena takut untuk berubah atau merasa tidak berdaya untuk berubah apalagi takut diejek bila berubah.
JANGAN TAKUT dan JANGAN RAGU untuk membina diri agar jadi wanita yang lebih cantik atau lelaki yang lebih tempan. JANGAN TAKUT dan JANGAN RAGU untuk membina diri agar menjadi wanita atau lelaki yang lebih mudah untuk ditemani dan disayangi. JANGAN TAKUT dan JANGAN RAGU untuk membina diri agar menjadi wanita atau lelaki yang lebih pandai menemani dan menyayangi orang lain. JANGAN takut untuk BERUBAH menjadi lebih BAIK. Jangan takut APA kata ORANG lain. Jangan takut minta tolong orang lain untuk membantu anda dalam membina diri baik dengan memberi nasehat maupun dengan menjadi hakim.
Suatu hari istri saya bertanya, "Kenapa kamu pake obat kelek dan minyak wangi?" saya menjawab, "Agar orang-orang di sekeliling saya tidak perlu mencium bau kelek dan bau badan saya yang menyebalkan namun mencium harum yang menyegarkan." Istri saya diam lalu berkata, "Ketika mencintai seseorang, bukankah kita harus mencintai dia apa adanya?" Saya mengelus pipinya dengan punggung tangan kiri lalu berkata, "Karena mencintai seseorang maka saya tidak membiarkan dia untuk mencintai apa adanya. Minimal, dia tidak perlu mencintai bau kelek dan bau badan saya yang memuakkan."
READY FOR LOVE
Tuan NANTI dan nona MENANTI, MENCINTAI adalah ilmu dan seni. Anda harus memahami Ilmunya dulu baru bisa mengembangkan seninya. Ibarat main gitar, anda harus bisa kuncinya dulu baru mampu memainkan musiknya.
Apabila anda TIDAK membina diri sekarang karena merasa belum perlu maka anda juga tidak akan membina diri nanti karena merasa tidak KEBURU.
NB.
Ini adalah makalah dari seminar "7 Langkah Pecinta Ulung" yang urung dilakukan di Gereja Methodist Medan tahun 2009 yang lalu. Selain bagi handai taulan, para pemuda dan pemudi Gereja Methodist Medan, tulisan ini juga saya dedikasikan kepada Imelda Silitonga yang memicu dan memacu saya untuk mengedit lalu mengunggahnya. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner